Indah Kurnia Hasana (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SOLUSI PERILAKU AGRESIF SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KANSAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (45kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Solusi Perilaku Agresif Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kansai Pekanbaru tahun ajaran 2013-2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang terdiri dari 324 siswa dan guru agama Islam yang mengajar di SMK Kansai sebanyak 5 orang. Berhubung dengan waktu, dana dan kemampuan, maka penulis mengambil sampel menggunakan tekhnik sampel acak dengan mengambil 15% dari populasi yang ada yaitu terdiri dari 50 siswa dan guru agama Islam sebanyak 5 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai variable bebas (X) dan perilaku agresif siswa sebagai variable terikat (Y). Tekhnik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data di analisis dengan tekhnik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap solusi perilaku agresif siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam ialah sebesar 76% atau pada kategori sedang, sedangkan perilaku agresif siswa ialah sebesar 82% atau pada kategori sedang. Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.873 pada taraf signifikansi 1% yaitu 0.873 > 0.354 dan taraf 5 % yaitu 0.873 > 0.273. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Terdapat Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Solusi Perilaku Agresif Siswa SMK Kansai Pekanbaru. Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran untuk mengurangi perilaku agresif siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Perilaku Agresif Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 03:11 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7075 |
Actions (login required)
View Item |