Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MI AL BAROKAH KOTA PEKANBARU

VIRA NOPRIANTY, - (2023) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MI AL BAROKAH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Vira Noprianty, (2023) : Penerapan Metode Kooperatif Tipe Round Robin Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MI Al Barokah Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan sikap percaya diri peserta didik pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode kooperatif tipe Round Robin di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Barokah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang subjeknya adalah seorang guru dan 27 orang peserta didik dan subjeknya adalah metode kooperatif tipe Round Robin dan sikap percaya diri peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata sikap percaya diri peserta didik hanya mencapai angka 41 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-ratanya meningkat menjadi 57 atau berada pada kategori cukup, dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat kembali hingga mencapai angka 84 atau sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe Round Robin dapat meningkatkan sikap percaya diri peserta didik pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Al-Barokah Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Kooperatif Tipe Round Robin, Sikap Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 May 2023 02:12
Last Modified: 09 May 2023 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70669

Actions (login required)

View Item View Item