Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI MARKETING DAN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA MARTABAK BANGKA DI KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

Zulfa Yeri (2015) STRATEGI MARKETING DAN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA MARTABAK BANGKA DI KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, Strategi Marketing dan Pelayanan dalam Meningkatkan Pendapatan dan Loyalitas Pelanggan pada Usaha Martabak Bangka di Kecamatan Tampan Pekanbaru. Dalam perkembangan usaha bisnis tidak lepas dari suatu pelayanan, Pelayanan ini yang sangat berpengaruh penting dalam perkembangan suatu usaha. Suatu pelayanan tidak terlepas dari sebuah manajemen yang dikelola dengan baik pula. Perusahaan pun memiliki manajemen yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan dalam perusahaan dan mengatasi persaingan yang ada antar para pelaku usaha sejenis dalam memperebutkan konsumen khususnya pada usaha martabak bangka Di Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana strategi marketing dan pelayanan dalam meningkatkan pendapatan dan loyalitas pelanggan pada usaha martabak bangka dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi marketing dan pelayanan dalam meningkatkan pendapatan dan loyalitas pelanggan. Untuk mengetahui bagaimana strategi marketing dan strategi pelayanan dalam rangka meningkatkan pendapatan serta meningkatkan loyalitas pelanggan pada usaha martabak bangka di Kecamatan Tampan dan Untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap strategi marketing dan pelayanan dalam rangka meningkatkan pendapatan serta meningkatkan loyalitas pelanggan pada usaha martabak bangka di Kecamatan Tampan. Populasi dalam penelitian adalah pengusaha martabak bangka yang ada di Kecamatan Tampan yang berjumlah 45 usaha, sampel ditentukan 50% dari jumlah populasi yakni 22 pengusaha, tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Aksidental Sampling. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu setelah semua data berhasil dikumpulkan, penulis menjelaskan secara rinci dan sistematis sehingga dapat dipahami kesimpulan akhirnya. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengusaha Martabak Bangka di Kecamatan Tampan. Sedangkan objeknya adalah strategi marketing dan pelayanan dalam meningkatkan pendapatan dan loyalitas pelanggan menurut Ekonomi Islam. Dari hasil penelitian terhadap pelayanan yang dilakukan oleh Pengusaha Martabak Bangka di Kecamatan Tampan terhadap pelanggannya secara keseluruhan sudah baik, akan tetapi ada beberapa yang belum berjalan secara maksimal dan hal ini perlu diperhatikan dalam mewujudkan pemasaran dan pelayan terbaik kepada pelanggan. Pelayanan kepada pelanggan merupakan salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan suatu usaha dalam rangka menarik minat konsumen terhadap jasa/produk yang ditawarkan yang secara langsung berdampak bertambahnya pelanggan pengguna jasa. Dalam Tinjauan ekonomi Islam penerapan konsep marketing dan pelayan terhadap konsumen oleh penyedia jasa harus dilakukan secara rapi, benar, tertib dan teratur serta berlandaskan pada nilai-nilai Islam, hal ini merupakan prinsip utama dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 08 Sep 2016 15:48
Last Modified: 08 Sep 2016 15:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7041

Actions (login required)

View Item View Item