Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pendekatan Whole Language Berbantuan Metode Reading Aloud terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Di SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru.

Sevianty, - (2023) Pengaruh Pendekatan Whole Language Berbantuan Metode Reading Aloud terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Di SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sevianty, (2023): Pengaruh Pendekatan Whole Language Berbantuan Metode Reading Aloud terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Di SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan whole language berbantuan metode reading aloud terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa di SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Jenis penelitian ini kuantitatif, metode yang digunakan adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah the nonequivalent posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas V Al-Halim sebagai kelas eksperimen dan V Al-Fattah sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal posttest keterampilan membaca pemahaman, lembar aktivitas guru dan siswa serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan whole language berbantuan metode reading aloud terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDIT Raudhaturrahmah dengan rata-rata kelas eksperimen 82,29 dan kelas kontrol 64,17. Hal ini juga berdasarkan dengan analisis uji-t menunjukkan nilai t_hitung≥t_tabel dengan diperoleh t_hitung=8,58, t_tabel=1,669. Dengan demikian H_a diterima sedangkan H_o ditolak. Kata Kunci: Pendekatan Whole Language, Metode Reading Aloud, Keterampilan Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:34
Last Modified: 11 Apr 2023 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69839

Actions (login required)

View Item View Item