Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING PEER TUTORING METHOD ON READING COMPREHENSION OF THE TENTH-GRADE STUDENTS AT MA HIZBUL WATHAN KERITANG HULU

TESY AYU WANGI, - (2022) THE EFFECT OF USING PEER TUTORING METHOD ON READING COMPREHENSION OF THE TENTH-GRADE STUDENTS AT MA HIZBUL WATHAN KERITANG HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (CHAPTER IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img]
Preview
Text
THESIS TESY AYU WANGI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesy Ayu Wangi, (2022): Pengaruh Penggunaan Metode Peer Tutoring terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas X (10) di MA Hizbul Wathan Keritang Hulu. Membaca adalah salah satu keterampilan penting dalam bahasa inggris. Keterampilan bahasa sangat penting diajarkan kepada siswa karena membantu mereka memahami semua teks tertulis dan siswa dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode peer tutoring dan tidak. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Hizbul Wathan Keritang Hulu tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini membagi kelompok menjadi kelas eksperimen dan kelas control, pre-test diberikan kepada kedua kelompok dan metode peer tutoring hanya diberikan kepada kelompok eksperimen. Terakhir, post-test diberikan untuk menilai perbedaan antar kelompok (ekperimen dan kontrol). Penelitian ini dilakukan pada bulan juli hingga oktober 2022 di MA Hizbul Wathan Keritang Hulu. Terdapat 69 siswa sebagai sampel yang di pilih menggunakan total sampling. Data diperoleh dengan menggunakan pre-test kepada kedua kelompok sebelum perlakuan dan post-test diberikan setelah perlakuan. Data pre-test dan post-test dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Untuk analisis data, peneliti menggunakan independent sample T-test melalui SPSS dan rumus eta quadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sifnifikan dalam pemaham membaca antara siswa yang diajarkan dengan dan tanpa menggunakan metode peer tutoring. Nilai signifikansi hitung adalah 0,006 lebih kecil dari 0,05 (nilai sig = 0,006 < 0,05). Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca antara siswa yang diajarkan dengan dan tanpa menggunakan metode peer tutoring di MA Hizbul Wathan Keritang Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:42
Last Modified: 30 Mar 2023 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69437

Actions (login required)

View Item View Item