PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU

Andy Dinata, (2014) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemanfaatan lingkungan (variable bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variable terikat/dependen atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan lingkungan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru, sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada Pengaruh yang signifikan Pemanfaatan Lingkungan terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan kelas XI yang memanfaatkan lingkungan di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Sedangkan objeknya ialah pemanfaatan lingkungan dan motivasi belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa MA Hasanah, karena sedikitnya jumlah populasi maka penulis mengambil semua sampel dari jumlah populasi. Pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Data terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian Korelasi, yang kedua variabelnya bersifat ordinal, maka data dianalisis dengan teknik Korelasi Koefisien Kontingensi. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan lingkungan terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Dari hasil analisa statistic dengan menggunakan Korelasi Koefisien Kontingensi pada pemanfaatan lingkungan dan motivasi belajar siswa diperoleh harga phi = 0,154 lebih kecil dari “r” table baik pada taraf signifikan 5% = 0,217 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,283. Artinya, belum terlihat kontribusi lingkungan terhadap perkembangan motivasi anak dalam pembelajaran. Dalam hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Sep 2016 06:38
Last Modified: 03 Sep 2016 06:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6924

Actions (login required)

View Item View Item