Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Pekanbar

PURWANINGSIH, - (2022) “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Pekanbar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PURWANINGSIH, (2021): “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Pekanbaru”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) Pada tema indahnya kebersamaan di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) dan keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman Siswa. Hal ini di ketahui Pada sebelum tindakan rata-rata hanya mencapai 37,50 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan Pada siklus I Keterampilan Membaca Pemahaman siswa meningkat dengan rata-rata mencapai mencapai 66,66 dengan kategori cukup., setelah dilakukan perbaikan pada siklus II Keterampilan Membaca Pemahaman siswa rata-rata meningkat menjadi 83,33 dengan kategori amat baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Pekanbaru. Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran CIRC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Mar 2023 01:42
Last Modified: 16 Mar 2023 01:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69238

Actions (login required)

View Item View Item