Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Exploring implementation of reflective teaching in the process of teaching and learning English at an Islamic school in Pekanbaru

SHINDY YUNIARI, - (2023) Exploring implementation of reflective teaching in the process of teaching and learning English at an Islamic school in Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB 1-5 (KECUALI 4).pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana guru menerapkan refleksi pengajaran dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan refleksi pengajaran. Pada dasarnya, sebagian besar guru mengalami kesulitan dalam melakukan refleksi pengajaran karena beban pekerjaan dalam waktu yang terbatas. Namun, para guru selalu berusaha mengevaluasi pengajaran mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran siswa. Untuk mendalami refleksi pengajaran yang diterapkan guru, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Untuk memilih partisipan digunakan teknik purposive sampling. Peserta penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Inggris; keduanya perempuan dan empat kelas siswa kelas 8; dua kelas untuk putra dan dua kelas untuk putri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Temuan menunjukkan bahwa guru telah menerapkan refleksi pengajaran yang dikategorikan menjadi empat bagian; mereview materi sebelumnya dengan menggunakan berbagai media, menyajikan materi yang mudah dipahami, menyesuaikan situasi belajar dan waktu yang tersedia, serta melakukan evaluasi diri. Selain itu, para guru menyampaikan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi pelaksanaan refleksi pengajaran mereka; faktor pendukung; terdiri dari motivasi pribadi dan umpan balik siswa, dan faktor penghambat; terdiri dari kurangnya waktu dan kegiatan lainnya. Kesimpulannya, para guru telah menerapkan refleksi pengajaran dengan baik dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris di sekolah Islam di Pekanbaru. Sebagian besar fitur refleksi pengajaran diimplementasikan oleh guru selama proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:16
Last Modified: 31 Jan 2023 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68733

Actions (login required)

View Item View Item