ANISA IKHSANTI, - (2023) PENGARUH GAYA HIDUP HALAL DAN IDENTITAS DIRI TERHADAP POLA KONSUMSI HALAL FASHION DI KALANGAN MAHASISWI PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
BAB I-BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
Abstract
Perkembangan fashion di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan, perempuan pada masa kini sangat memerhatikan gaya berbusana mereka, sehingga menimbulkan kesadaran yang lebih terhadap citra dan identitas sosialnya, dan kesadaran tersebut mempengaruhi pola konsumsi mereka terhadap fashion. Masih terbatasnya busana muslim yang fashionable menjadi salah satu masalah yang di hadapi oleh kaum wanita, sehingga para wanita mengambil referensi trend fashion dari negara luar mulai dari Korean style hingga western style. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman,muncul sebuah tren fashion baru yang dimanakan halal fashion yang mana sudah sangat terkenal di industri fashion dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup halal dan identitas diri terhadap pola konsumsi halal fashion di kalangan mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang di gunakan adalah kuantitatif dengan sampel sebanyak 85 orang mahasiswi prodi ekonomi syariah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. selanjutnya di analisis dengan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas serta uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup halal dan identitas diri berpengaruh terhadap konsumsi halal fashion. Hal ini di buktikan dengan nilai fhitung > ftabel (15,123 > 3,11) dan nilai signifikansi fhitung yang lebih kecil dari nilai α (0,000 < 0,050). Gaya hidup halal berpengaruh terhadap konsumsi, di mana nilai thitung > ttabel (3,285 > 1,98932) dengan nilai signifikansi thitung lebih kecil dari α (0,002 < 0,050). Identitas diri berpengaruh terhadap konsumsi, dengan nilai thitung > ttabel (2,877 > 1,98932) dengan nilai signifikansi thitung lebih kecil dari α (0,005 < 0,050). Adapun nilai koefisien ( R2) didapatkan sebesar 0, 269 % atau sebesar 26,9%, yang artinya bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat sebesar 26,9% dan sisanya sebanyak 73,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 05:12 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 05:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68714 |
Actions (login required)
View Item |