Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa/i SMP IT Imam Syafi’i 2 Pekanbaru – Riau.

Ahmad Fauzi, - (2023) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa/i SMP IT Imam Syafi’i 2 Pekanbaru – Riau. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS AHMAD FAUZI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Fauzi, (2023) : Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa/i SMP IT Imam Syafi’i 2 Pekanbaru – Riau. Latar belakang peneltian ini adalah siswa/i SMP IT Imam Syafi’i belum bisa berbicara dengan mengguanakan bahasa Arab, sedangkan mereka mempelajarinya. Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran maharah kalam siswa/i SMP IT Imam Syafi’i 2 Pekanbaru. Beserta mengetahui solusi dari problematika bahasa tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisi data model Mills dan Hubberman. Hasil data adalah sebagai berikut: (1) Kurangnya respon yang dimiliki siswa/i dalam memepelajari bahasa Arab, Kurangnya minat dalam mempelajarinya, sedikitnya kosakata yang dikuasi oleh siswa/i, kurangnya motivasi siswa/i, kurang semangat dalam mempelajari bahasa Arab, kurang memahami materi yang disampaikan, tidak adanya praktik diluar kelas, latar belakang siswa yang belum bisa membaca Alquran, kurangnya partner dari guru yang fokus dalam mengajarkan bahasa Arab, Lingkungan bahasa yang kurang mendukung, Banyaknya jumlah siswa di kelas ketika pembelajaran bahasa Arab, sedikitnya jam pelajaran bahasa Arab, metode pembelajaran. (2) menguatkan motivasi siswa/i, guru menasehati siswa/i lebih dari satu kali, problematika yang berhubungan dengan psikologi, minat, motivasi, dan lain sebagainya guru berkolaburasi dengan guru BK, guru mengajarkan dengan metode yang bervariasi dan menarik yang disukai siswa/i, guru mengajak siswa untuk aktif dalam mempelajari maharah kalam, guru juga berusaha untuk mengembangkan kompetensinya dengan mengikuti pelatihan dan seminar, membuat program Arabic Day, menempelkan kosakata dan ungkapan-ungkapan di dinding kelas, memaksimalkan lingkungan bahasa dengan baik, membagikan kelas berdasarkan kemampuan siswa/i untuk mempermudah proses KBM. Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:33
Last Modified: 30 Jan 2023 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68511

Actions (login required)

View Item View Item