PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMPN 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Reny Riski, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMPN 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang menggunakan strategi Quantum Teaching dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran metematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang melakukan pembelajaran dengan strategi Quantum Teaching dengan siswa yang melakukan pembelajaran pendekatan konvensional pada pembelajaran metematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar?” Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non Equivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Tambang Kabupaten Kampar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII E, dimana kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Untuk mengetahui hasil penelitian, kemampuan berpikir kreatif matematika dilakukan uji tes-t. Hasil uji hipotesis data pretest didapat thitungs ebesar 0,27 dan 2,01. Maka, besar thitung dibandingkan ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,27<2,01 atau thitung<ttabel , berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa sebelum perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data setelah perlakuan, diperoleh adanya perbedaan rata-rata antara kedua sampel, yaitu kelas eksperimen dengan nilai=86,6 dan kelas kontrol dengan nilai=79,81. thitung=2,51 untuk kemampuan berpikir kreatif lebih besar dari t tabel =2,01. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan strategi Quantum Teaching memberikan pengaruh positif kepada kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:31
Last Modified: 01 Sep 2016 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6799

Actions (login required)

View Item View Item