PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM POSING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR

Yulia Hervina, (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM POSING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran kooperatif Problem Posing terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 1 Kampar Timur”. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran kooperatif Problem Posing terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 1 Kampar Timur. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kampar Timur tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 911 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X7 dan siswa kelas X5. Pengambilan sampel menggunkan Purvosive Sampling, di mana kelas X7 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Problem Posing dan kelas X5 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Adapun teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan test-t melalui uji persyaratan normalitas data menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakn Uji F. Hasil hipotesis data pretest kelas kontrol dan eksprimen didapat nilai thitung adalah 0,16 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung < ttabel atau 0,16 < 2,00 ,pada taraf signifikan 5%. Menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pemahaman konsep matematika kelas eksprimen dan kontrol sebelum perlakukan. Setelah perlakuan nilai rata-rata kelas eksprimen yaitu 81,21 yang lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu71,35. Berdasarkan hasil perhitungan test-t diperoleh nilai thitung adalah 3,34 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung > ttabel atau 3,34 > 2,00 , Dari perhitungan didapat thitung = 3,34 jelas berada pada daerah penerimaan Ha. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menerapkan pendekatan Problem Posing dengan siswa yang belajar menerapkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:08
Last Modified: 01 Sep 2016 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6796

Actions (login required)

View Item View Item