PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 2 TAMBANG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Novita Sari, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 2 TAMBANG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 2 Tambang, dengan rumusan masalah yaitu: “apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswaS MA Negeri 2 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar?”.Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran scaffolding berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 2 TambangKecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Tambang tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 884 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X, dengan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran scaffolding dan kelasX-1 sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan instrument tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang didapat dilakukan analisis menggunakan rumus tes-t, dengan melalui uji persyaratan menggunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data dan uji varian untuk melihat homogenitas data. Diperoleh thitung > ttabel (6,227 > 2,00) dan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol (78>51). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran scaffolding dan kemampuan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 2 Tambang. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen lebih tinggi dari mean kelas control yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran scaffolding memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 2 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:00
Last Modified: 01 Sep 2016 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6791

Actions (login required)

View Item View Item