Rita Diana Sari (2014) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PELAKU EKONOMI DALAM SISTEM PEREKONOMIANINDONESIA DI SMPN 1 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (46kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penggunaan strategi numbered heads together (variabel bebas/independen atau variabel X) dan pemahaman siswa pada materi pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia (variabel dependent/terikat atau variabel Y).Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara signifikan pengaruh penggunaan strateginumbered heads together terhadap pemahaman siswa pada materi pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia pada siswa kelas VIIISekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tambang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi kelas VIII dan siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tambang, sedangkan objek nya adalah pengaruh penggunaan strategi numbered heads together terhadap pemahaman materi pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 148 siswa, karena jumlah populasi cukup besar maka penulis mengambil sampel dengan random sampling sebanyak 40% sehingga jumlah sampelnya menjadi 59 orang. Pengumpulan data di ambil melalui angket dan tes serta dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi liniers ederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For theScialSciens) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran numbered heads together terhadap pemahaman siswa pada materi pelaku ekonom dalam sistem perekonomian Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tambang, dengan kontribusi penggunaan strategi numbered heads together terhadap pemahaman materi pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia adalah 0,367x 100 = 36,7%dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro (observasi) = 0,606, lebih besar dari rt (tabel) pada tara fsignifikan 5% maupun 1% yaitu 0,250<0,606> 0,325, iniberarti Ha diterimadan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 03:07 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6777 |
Actions (login required)
View Item |