Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Hasnimar (2014) PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melaui penerapan metode struktural analisis sintesis di kelas I Sekolah Dasar Negeri 005 Bukit Ranah, tahun ajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa 23 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I Sekolah Dasar Negeri 005 Bukit Ranah melalui metode struktural analisis sintesis. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes membaca permulaan dan observasi. Teknik analisis data melalui aktivitas guru, aktivitas siswa dan penilaian kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan observasi awal diperoleh nilai kemampuan membaca permulaan dengan kategori “rendah”, hanya 11 siswa atau 47,82% siswa yang tuntas. Setelah diperbaiki pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa atau 60,86% siswa yang tuntas masih tergolong “rendah” dan belum memcapai ketuntasan klasikal. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan membaca permulaan siswa meningkat mencapai 18 siswa atau 78,26% siswa yang tuntas tergolong “sedang”. Oleh sebab itu, keberhasilan telah melebihi 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan metode struktural analisis sintesis dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I Sekolah Dasar Negeri 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 01 Sep 2016 02:15
Last Modified: 01 Sep 2016 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6757

Actions (login required)

View Item View Item