PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INCREASING THE CAPACITY TO THINK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MERANGIN KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR

Wati Anita, (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INCREASING THE CAPACITY TO THINK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MERANGIN KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui strategi increasing the capacity to think (ICT) di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Merangin, tahun ajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa 39 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Merangin melalui strategi increasing the capacity to think (ICT). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan observasi awal diperoleh nilai motivasi siswa dengan kategori “sangat rendah” dengan persentase rata-rata 35,89%. Setelah diperbaiki pada siklus I meningkat menjadi dengan persentase rata-rata 50,55% masih tergolong “rendah” dan belum mencapai indikator keberhasilan. Setelah diperbaiki pada siklus II motivasi siswa meningkat mencapai dengan persentase rata-rata 80,22% tergolong “sangat tinggi”. Dengan demikian rata-rata persentase motivasi belajar siswa pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang telah di tetapkan yaitu 70. Dapat disimpulkan penerapan strategi increasing the capacity to think (ICT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Merangin Kecematan Kuok Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 01 Sep 2016 02:07
Last Modified: 01 Sep 2016 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6753

Actions (login required)

View Item View Item