Saidan (2015) PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAPKEPUTUSANPEMBELIAN TELEPON GENGGAM MENURUTEKONOMI ISLAM (StudiKasusPadaMahasiswaJurusanEkonomiIslamFakultasSyariahda nHukumUniversitas Islam Negeri Sultan SyarifKasim Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITAIN.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III TINJAUAN TEORI.pdf Download (118kB) | Preview |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Judul “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Genggam Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah Dan Hukumuniversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)”. Yang melatar belakangi penelitian adalah karena sebagai makhluk sosial yang saling bergantungan satu sama lainnya, manusia tidak terlepas dari aktivitas perekonomian. Aktivitas perekonomian dikenal dengan istilah aktivitas penjualan, yaitu terdiri atas penjual dan pembeli. Pembeli sebagai pengambil keputusan atas penawaran yang diberikan oleh penjual. Perilaku konsumen sangat erat kaitannya dengan masalah keputusan yang diambil seseorang dalam persaingan dan penentuan untuk pembelian barang. Salah satu barang yang menarik untuk diteliti yaitu telepon genggam karena rata-rata setiap individu menggunakan telepon genggam minimal satu dalam kesehariannya. Masalah pokok dalam penelitian adalah bagaimana perilaku konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian telepon genggam dan bagaimana tinjauan ekonomi islam menjelaskannya. Penelitian ini dilakukan di UIN Sultan Syarif Kasim Riau yaitu beralamat di Jl. H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru. Kecenderungan peneliti untuk memilih lokasi tersebut karena banyaknya pengguna telepon genggam dan dianggap memiliki pemahaman yang baik terhadap konsep ekonomi Islam serta juga terdapat berbagai latar belakang kehidupan yang beraneka ragam. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna telepon genggam pada mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Populasi dalam penelitian ini yaitu sejumlah 807 orang. Tekhnik pengambilan sampel dengan cara Random Sampling. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu digunakan rumus Slovin, yaitu diperoleh sebanyak 267 orang. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan persamaan regresi: Y=16,753+1,527X yakni bernilai positif. Artinya bahwa ada pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian telepon genggam pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Besarnya koefisien determinasinya adalah sebesar 0,365, mengandung pengertian bahwa pengaruh keputusan pembelian terhadap perubahan perilaku konsumen adalah 36,5%. Sedangkan 63,5% (100% - 36,5%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini misalnya harga, kualitas dan gaya hidup. Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah dan Hukum termasuk dalam kelompok masyarakat yang menerapkan Ekonomi Islam dalam membelanjakan hartanya artinya mereka menerapkan konsep yang sesuai dengan ajaran agama Islam dalam melakukan pembelian telepon genggam yaiu tidak mubadzir, tidak kikir dan sederhana serta memanfaatkan produk secara positif. Karena Al-Qur’an melarang membelanjakan harta secara berlebih-lebihan semata- mata menuruti hawa nafsu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 21:03 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 21:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6751 |
Actions (login required)
View Item |