Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI HARGA PROMO TERHADAP DIFFERENSIASI PRODUK ANTARA PRIVAT PRODUCT DAN NON PRIVAT PRODUCT DI GIANT PANAM PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Fatmiani (2015) PENERAPAN STRATEGI HARGA PROMO TERHADAP DIFFERENSIASI PRODUK ANTARA PRIVAT PRODUCT DAN NON PRIVAT PRODUCT DI GIANT PANAM PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Strategi Harga Promo terhadap Diferensiasi Produk Antara Produk Privat Label Dan Produk Non Privat Label”. Adapun Pokok Permasalahan dalam Skripsi ini adalah Penerapan Strategi Harga Promo Terhadap Differensiasi Produk Antara produk Privat Label dan produk Non Privat Label Serta pandangan Konsumen GIANT terhadap Penerapan Strategi Harga Promo tersebut dan pandangan Ekonomi Islam terhadap hal tersebut. Dengan diketahuinya ketiga pokok permasalahan ini, maka tujuan dari penelitin ini akan tercapai. Subjek penelitian ini adalah pelanggan setia GIANT yang terlibat dalam praktek jual beli di GIANT dan Pegawai GIANT yang sekaligus menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini. Populasi Pegawai GIANT sebanyak 87 orang dan 30 orang responden. Metode yang digunakan adalah dengan Purposit Sampling untuk pegawai GIANT dan Random Purposit Sampling pada konsumen (responden) GIANT. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah strategi penerapan Harga Promo Terhadap Differensiasi Produk antara produk Privat Label dan Produk non privat label di GIANT JL. H.R Soebrantas Panam Pekanbaru. Hasil dari penelitian tentang Strategi Penerapan Harga Promo Terhadap Differensiasi Produk antara produk Privat Label dan Produk non privat label di GIANT adalah adanya penerapan harga promo yang setiap hari dilakukan dengan berbagai sosialisasi yang dilakukan untuk menginformasikan kepada konsumennya. Strategi ini berdampak positif terhadap minat beli konsumen GIANT serta perolehan margin yang diperoleh perusahaan. Walaupun besaran margin yang diperoleh perusahaan tidak ditentukan oleh harga yang paling murah, karena adanya perhitungan biaya (beban) yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan harga promo. Margin dapat dengan optimal dan efektif jika mendapatkan respon yang baik dan habis terjual oleh konsumennya. Tinjauan hukum Islam terhadap hal ini adalah secara produk yang dijual di GIANT merupakan produk yang halal dan tidak menimbulkan kemudharatan bagi konsumennya, tidak menimbulkan monopoli dan persaingan usaha yang tidak sehat serta tidak ada unsur gharar didalam harga karena selain produk ini termasuk dalam (harta mitsli) dalam kajian fiqh muamalah juga kejelasan dan transparansi terhadap harga yang disosialisasikan pihak GIANT dengan berbagai media baik media iklan, pemberitahuan SMS kepada pelanggan setianya, katalog atau majalah maupun papan informasi yang ada pada setiap produk, hal ini untuk menginformasikan tentang harga baik produk promo ataupun produk lainnya yang sedang tidak promo, sehingga dalam hal ini tidak menimbulkan unsur jahalah (ketidaktahuan), tadlis (penipuan) maupun gharar (ketidakjelasan) terhadap harga maupun produk GIANT itu sendiri. Keyword : Differensiasi Produk, Privat Label, dan Non Privat Label

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2016 14:27
Last Modified: 31 Aug 2016 14:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item