Ahmad Fatoni (2015) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA BMT FAKULTASSYARIAHDAN HUKUMUIN SUSKA RIAU DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (120kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau merupakan koperasi jasa keuangan syariah yang didirikan oleh Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau pada tanggal 11 januari 2011. Sejak mulai didirikanya BMT Fakultas Syariah dan Hukum hingga akhir tahun 2014, pertumbuhan jumlah anggota BMT Fakultas Syariah dan Hukum terus mengalami penurunan. Hal demikian menunjukkan belum berhasilnya strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh BMT Fakultas Syariah dan Hukum. Tempat penelitian ini adalah BMT Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang telah dilakukan BMT Fakultas Syariah dan Hukum dalam upaya meningkatkan jumlah anggota, untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan menurunya jumlah anggota BMT Fakultas Syariah dan Hukum, dan untuk mengetahui analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah anggota BMT Fakultas Syariah dan Hukum ditinjau menurut perspektif ekonomi islam. Sementara itu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah BMT Fakultas Syariah dan Hukum telah melakukan 4 (empat) jenis strategi pemasaran yakni, strategi harga dengan menetapkan harga yang terjangkau, strategi lokasi dengan memilih lokasi yang ramai dikunjungi oleh pangsa pasarnya, strategi produk dengan memilih produk yang paling banyak dibutuhkan, dan strategi promosi melalui penjualan pribadi dan periklanan. Sementara itu faktor-faktor yang menyebabkan menurunya jumlah anggota BMT Fakultas Syariah dan Hukum yakni, modal kerja yang kurang, kemampuan memberikan bagi hasil yang kurang memadai, dan promosi yang belum maksimal. Dengan demikian strategi pemasaran yang direkomendasikan oleh penulis melalui hasil analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) adalah strategi SO (Strength- Opportunities),ST (Strength-Threats), WO(Weaknesses-Opportunities) dan WT (Weaknesses-Threats). Berdasarkan hasil analisis terhadap strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh BMT Fakultas Syariah dan Hukum yang ditinjau menurut perspektif ekonomi islam secara keseluruhan telah sesuai dengan syari’at islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 07:54 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6664 |
Actions (login required)
View Item |