Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA PADA TEMA PAHLAWANKU MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL- MANAR PEKANBARU

ZAHRATUL MUFIDAH, - (2023) PENERAPAN METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA PADA TEMA PAHLAWANKU MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL- MANAR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Zahratul Mufidah, (2022): Penerapan Strategi Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Tema Pahlawanku Muatan Pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Kerja Sama siswa pada tema Pahlawanku pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran Gallery Walk di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerjasama siswa, terutama dalam membangun komunikasi pada proses pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 27 siswa, dan objeknya adalah penerapan strategi pembelajaran Gallery Walk dan kemampuan Kerja Sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali Pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan Kerja Sama siswa. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran, nilai rata-rata kemampuan Kerja Sama siswa hanya mencapai 43,00 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui strategi pembelajaran Gallery Walk pada siklus I, nilai ratarata kemampuan Kerja Sama siswa meningkat menjadi 67,00 atau tergolong dalam kategori cukup, dan pada siklus II juga meningkat menjadi 85,33 dan sudah termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Gallery Walk dapat meningkakan kemampuan kerja sama siswa pada tema Pahlawanku muatan pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Gallery Walk, Kemampuan Kerjasama Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:36
Last Modified: 30 Jan 2023 02:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65992

Actions (login required)

View Item View Item