Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Guru Penutur Asli Pada Pembelajaran Kemampuan Berbicara Terhadap Siswa Kelas XII Di Pesantren Al-Imam Ibnu Katsir Pekanbaru Riau

MUHAMMAD UBADAH, MUH (2023) Penerapan Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Guru Penutur Asli Pada Pembelajaran Kemampuan Berbicara Terhadap Siswa Kelas XII Di Pesantren Al-Imam Ibnu Katsir Pekanbaru Riau. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ubadah - Bab IV.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Ubadah - Tanpa Bab IV (1).pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode eklektik dalam pembelajaran bahasa arab dengan guru penutur asli pada pembelajaran kemampuan berbicara terhadap siswa kela XII di pesantren al-imam ibnu katsir Pekanbaru Riau, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara dan observasi dan studi dokumen. Dan Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis deskriptif. Dan setelah peneliti menganalisis penelitian yang berkaitan dengan topikt tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa guru penutur asli adalah Syekh Wafi Naser dan guru menggunakan metode eklektik dalam mengajarkan kemampuan berbicara, pembelajaran dua kali dalam seminggu, dan memakan waktu 2 jam dalam sekali pertemuan, dan guru menggunakan buku al arabiyah lin nasyiin jilid ke enam, dan media yang digunakan adalah buku dan papan tulis. Dan faktor yang mendukung adalah adanya kegiatan di luar kelas seperti menghafal mufrodat dan adanya lingkungan berbahasa. Adapun hambatannya adalah paksaan dalam peraturan berbahasa, dan hukuman bagi para pelangar tidak sesuai untuk siswa, , dan waktu pembelajaran tidak cocok untuk siswa di akhir waktu pembelajaran, dan siswa tidak semangat dan mengantuk. Adapun solusi dari hambatan adalah bagian bahasa tidak memaksakan siswa dengan peraturan yang keras, dan mengadakan acara dan perlombahaan bahasa, dan drama dan kegiatan bahasa yang mengasyikkan, dan mengganti waktu pelajaran ke jam pertama agar siswa semangat, dan mengurangi jumlah siswa di kelas agar lebih focus dan memudahkan guru untuk memantau

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:50
Last Modified: 27 Jan 2023 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65824

Actions (login required)

View Item View Item