Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU

HANIFA SYAHRI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HANIFA SYAHRI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hanifa Syahri, (2022): Pengaruh Pembelajaran Round Table Terhadap Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran round table terhadap keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran Round Table dapat berpengaruh terhadap keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Arab siswa di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru?”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru, dengan sampel siswa kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran round table dan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran round table untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa arab. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon dengan diperoleh nilai Asymp.sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran round table terhadap keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa arab. Kata kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Round Table, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:50
Last Modified: 26 Jan 2023 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65711

Actions (login required)

View Item View Item