Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH HAFALAN AL-QURAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA PROGRAM TAHFIDZ SMK MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

DIA AULIA LUBIS, - (2023) PENGARUH HAFALAN AL-QURAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA PROGRAM TAHFIDZ SMK MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIA AULIA LUBIS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dia Aulia Lubis, (2022): Pengaruh Hafalan al-Quran terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Program Tahfidz SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis ex-post facto, yaitu penelitian yang dilakukan setelah apa yang akan diteliti itu terjadi sehingga tidak ada kontrol langsung terhadap variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hafalan al-Quran memilliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa program Tahfidz SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tahfidz di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru sebanyak 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi yang kemudian dianalisa menggunakan teknik korelasi product moment. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi rxy sebesar 0,557 lebih besar dari rtabel, baik pada taraf signifikan 5% (0,320) maupun 1% (0,413) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, hafalan al-Quran memilliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa program tahfidz SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Nilai rxy sebesar 0,557 menunjukkan kekuatan hubungan berada di tingkat sedang. Kata Kunci: Pengaruh, Hafalan al-Quran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:15
Last Modified: 25 Jan 2023 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65584

Actions (login required)

View Item View Item