Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP MUATAN IPA KELAS IV MI AZZAHIDIN PEKANBARU

RIZA NURDIANA, - (2022) PENERAPAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP MUATAN IPA KELAS IV MI AZZAHIDIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZA NURDIANA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Riza Nurdiana,(2022): Penerapan Strategi Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Mata Pelajaran Tema Peduli terhadap Mahluk Hidup Kelas IV MI Azzahidin Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kerjasama siswa melalui penerapan strategi numbered heads together di kelas IV MI Azzahidin Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kerjasama siswa, diketahui dari beberapa hal diantaranya, Dari siswa hanya 6 orang siswa yang komunikasi, Dari 15 orang siswa hanya 5 orang siswa yang mampu kontribusi dalam kelompok,dan dari 15 orang siswa hanya 7 orang siswa mengormati perbedaan individu,dari 15 orang terdapat 8 orang siswa yang berpartisipasi dengan memberikan tugas dan dari 15 orang siswa menyelesaikan tugas tepat waktu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru. Objek dalam penelitian ini adalah strategi numbered heads together dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data adalah analisis kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan kerjasama siswa pada tema sebelum tindakan hanya 38,93% atau berada pada kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan kerjasama siswa pada siklus I meningkat menjadi 58,34% dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II keterampilan kerjasama siswa menjadi 79,16% dengan kategori baik.Dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi numbered heads together dapat meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran tema di kelas IV MI Azzahidin Pekanbaru. Kata Kunci : Kerjasama Siswa, Numbered Heads Together .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:37
Last Modified: 25 Jan 2023 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65482

Actions (login required)

View Item View Item