Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA CITA-CITAKU MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 024 TARAI BANGUN KABUPATEN KAMPAR

SAUJANA SARIRA, - (2022) PENERAPAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA CITA-CITAKU MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 024 TARAI BANGUN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SAUJANA SARIRA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Saujana Sarrira, (2022): Penerapan Metode Learning Start With a Question untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Cita-Citaku Muatan Pelajaran IPA Kelas IV SDN 024 Tarai Bangun Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode learning start with a question pada tema Cita-citaku muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SDN 024 Tarai Bangun Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakanggi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah metode learning start with a question dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis menunjukkan bahwa penerapan metode learning start with a question dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Sebelum dilakukan tindakan hasil pemahaman konsep siswa hanya mencapai 56,16% atau berada pada kategori pemahaman Kurang Baik. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, pemahaman konsep siswa menjadi 70,16% atau berada pada kategori pemahaman kurang baik. Kemudian pada siklus II, pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan menjadi 84,05% atau berada pada kategori pemahaman baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode learning star with a question pada tema Cita-citaku muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas IV SDN 024 Tarai Bangun Kabupaten Kampar. Kata kunci: Metode Learning Start with a Question, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:35
Last Modified: 25 Jan 2023 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65481

Actions (login required)

View Item View Item