SITI AMINAH LUBIS, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN MATERI MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Aminah Lubis (2022) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Materi Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman materi yang menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan model Pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 89 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan t-test (Independent Samples Test). T-test digunakan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dari dua buah mean sampel dari dua variabel yang dikomparatifkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman materi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa dengan taraf signifikan 5 % (1,672) atau 6,804 > 1,672, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci : Model Pembelajaran Make a Match, Pemahaman Materi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 08:35 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 08:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65431 |
Actions (login required)
View Item |