Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROBLEMATIKA METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA PADA SISWA MTS PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ATHIFAH ROSARI, - (2023) PROBLEMATIKA METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA PADA SISWA MTS PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ATHIFAH ROSARI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Athifah Rosari, (2022): Problematika Metode Pembelajaran Bahasa Arab dan Solusinya Pada Siswa Mts Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar Tahun Pelajaran 2022/2023 Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan didalam penelitian ini adalah Etnography atau para ahli menyebutnya sebagai penelitian lapangan dimana peneliti pada proses pengumpulan data langsung terjun ke lapangan untuk menghadap informan yang sudah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika metode pembelajaran bahasa Arab dan bagaimana cara guru mengatasi hal tersebut pada siswa Mts Pondok Pesantren Islamic Centre Al- Hidayah Kampar Tahun Pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan wawancara, observasi ke lapangan , serta dokumentasi. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskiptif karena data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian dari wawancara dan observasi ke lapangan yang telah dilakukan, menemukan bahwa adanya problematika didalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa dan para guru terkait sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasinya seperti; sering menyuruh siswa menghafalkan mufrodat bahasa Arab, memotivasi siswa dengan berbagai cara agar lebih bersemangat didalam belajar bahasa Arab, melatih siswa untuk lebih sering berbicara dan tidak takut menggunakan bahasa Arab di kelas pada jam pelajaran bahasa Arab maupun diluar jam pelajaran bahasa Arab, guru terkait juga sering mengingatkan siswa untuk melihat kamus bahasa Arab. Dan guru terkait juga selalu berusaha lebih baik didalam menerapkan metode pembelajaran bahasa Arab yang sudah ada agar hasil belajar bahasa Arab yang diharapkan menjadi lebih baik. Kata kunci: problematika, metode pembelajaran, solusinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:02
Last Modified: 24 Jan 2023 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65421

Actions (login required)

View Item View Item