Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG

FAKHRUNNISA ISTIFARAH, - (2023) EFEKTIFITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Fakhrunnisa.I, (2022) : Efektifitas Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Bullying pada Siswa SMA Negeri 1 Tambang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektifitas teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan Pre-Eksperimen dengan jenis The One Group Pre-Test Post-Test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Sedangkan objeknya adalah mengetahui seberapa efektif teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok. Populasi penelitian ini berjumlah 126 siswa dari 3 kelas dan sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa yang memiliki perilaku bullying yang tinggi diambil melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data digunakan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bullying sebelum diberilakan teknik role playing berada dikatagori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 1.05.50 dan setelah diberilkan teknik role playing dalam bimbingan kelompok mengalami penurunan yang signifikan menjadi kategori rendah dengan nilai 55.40. Tingkat efektifitas teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi berilaku bullying pada siswa dapat dilihat dari angka probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) 0.00 lebih kecil dari < 0.05 taraf signifikan 5%. Sehingga dapat diketehui 95% efektif penggunaan teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku bullying artinya Ho ditolak dan Ha diterima dan artinya perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan treatment. Kata Kunci : Teknik Role Playing, Layanan Bimbingan Kelompok, Perilaku Bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:45
Last Modified: 24 Jan 2023 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65334

Actions (login required)

View Item View Item