SINNONI ANGRAINI, - (2022) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA CENDANA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
||
|
Text
SKRIPSI SINNONI ANGRAINI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sinnoni Angraini, (2022) : Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Discovery Learning Pada Materi Sitem Periodik Unsur Di SMA Cendana Pekanbaru Minat belajar siswa memiliki pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, dan pemilihan model juga sangat penting dalam pembelajaran karena akan mempengaruhi minat belajar siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa menggunakan Discovery Learning pada materi sistem periodik unsur di kelas X IPA SMA Cendana Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di SMA Cendana Pekanbaru dengan materi Sistem Periodik Unsur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh dari indikator angket minat belajar yaitu, perasan senang, perhatian siswa, ketertarikan siswa, dan keterlibatan siswa. Hasil analisis data menunjukkan terdapat 22 siswa pada kategori sangat tinggi dengan presentase 73% dan 8 siswa berada pada kategori tinggi dengan presentase 27%. Empat indikator yang diuji menujukkan bahwa perasaan senang 88,5%, ketertarikan siswa 85,6%, perhatian siswa 87,7%, dan keterlibatan siswa 87%. Minat belajar siswa menggunakan Discovery Learning pada materi sistem periodik unsur untuk keempat indikator termasuk kategori sangat tinggi dengan rata-rata 87,2%. Kata Kunci: Minat belajar, Diszcovery Learning, Sistem Periodik Unsur
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 04:10 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 04:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65280 |
Actions (login required)
View Item |