NURKHOFIFA, - (2022) HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANGTUA TERHADAP PERILAKU BULLYING (Studi pada Remaja Akhir yang Berstatus Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANGTUA TERHADAP PERILAKU BULLYING (Studi pada Remaja Akhir yang Berstatus Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau) Oleh: Nurkhofifa Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim RIAU Abstrak Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang sengaja dilakukan untuk melukai sesorang dikalangan remaja dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pola asuh yang diterapkan orangtua dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter terhadap perilaku bullying. Sampel penelitian berjumlah 144 orang mahasiswa berusia 18-21 tahun yang diasuh dengan pola asuh otoriter berada pada kategori sedang sampai sangat tinggi berdasarkan skala pola asuh otoriter dari Baumrind. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa skala bullying dari Parada dan skala pola asuh otoriter dari Baumrind. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dengan hasil terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter terhadap perilaku bullying dengan nilai r = 0,273 dan signifikansi 0,001 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan semakin tinggi pola asuh otoriter orangtua, maka perilaku bullying juga semakin tinggi. Sebaliknya, semakin rendah pola asuh otoriter orangtua, maka semakin rendah pula perilaku bullying. Kata Kunci: bullying, pola asuh otoriter, remaja akhir
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 08:44 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 08:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65155 |
Actions (login required)
View Item |