PENERAPAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN TAJWID DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 002 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Dodi Irwandi, (2014) PENERAPAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN TAJWID DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 002 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill pada pembelajaran tajwid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 002 Kampar Utara Kabupaten Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 002 Kampar Utara. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Drill Pada Pembelajaran Tajwid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 002 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Populasi pada penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 002 Kampar Utara yang berjumlah 6 orang dan 112 orang siswa. Kemudian untuk sampel peneliti mengambil guru yang mengajar di kelas VII dan VIII yang berjumlah 2 orang dan siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 73 orang. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, maka data dianalisis dengan teknik deskriptif dengan persentase. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa penerapan metode drill pada pembelajaran tajwid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 002 Kampar Utara Kabupaten Kampar adalah optimal. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus persentase pada hasil sepuluh kali observasi diperoleh hasil 72,88%. Artinya, penerapan metode drill pada pembelajaran tajwid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 002 Kampar Utara Kabupaten Kampar yang dilaksanakan oleh guru sudah optimal. Adapun keoptimalan penerapan metode drill tersebut juga didukung oleh beberapa faktor, yaitu: kemampuan guru, perbedaan individual siswa, sifat bahan pembelajaran, kesiapan guru, fasilitas yang tersedia, waktu yang tersedia, lingkungan dan situasi kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Aug 2016 05:59
Last Modified: 29 Aug 2016 05:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6514

Actions (login required)

View Item View Item