Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU

EVA DELVIA, - (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI EVA DELVIA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eva Delvia, (2022) : Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi pembelajaran small group discussion di kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 18 siswa kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran small group discussion dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata keterampilan komunikasi siswa hanya mencapai angka 56,59 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran padsa siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 61,80 dengan kategori kurang. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan komunikasi siswa meningkat signifikan menjadi 79,16 dengan kategori cukup. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan penerapan strategi pembelajaran small group discussion dapat meningkatkan keterampilan komunikasi ssiwa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Small Group Discussion, Keterampilan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:41
Last Modified: 18 Jan 2023 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65116

Actions (login required)

View Item View Item