Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD AN NAMIROH PUSAT PEKANBARU

ANINDITA ISTI MEILANI PUTRI, - (2022) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD AN NAMIROH PUSAT PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANINDITA ISTI MEILANI PUTRI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anindita Isti Meilani Putri, (2022) : Penerapan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pedapat Siswa Pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan Muatan Bahasa Indonesia Kelas V SD An Namiroh Pusat Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa melalui metode Brainstorming di kelas V SD An Namiroh Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 1 orang guru dan 30 orang siswa kelas VA SD An Namiroh Pusat Pekanbaru, dan objek penelitiannya adalah metode Brainstorming dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes, sedangkan teknik analisisnya adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diketahui metode Brainstorming dapat meningatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari grafik peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa sejak pra-siklus yang hanya mencapai nilai ratarata 58,8 dengan kategori rendah, lalu meningkat pada siklus I pertemuan I menjadi 64,56 dengan kategori rendah, dan meningkat kembali pada siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 75,63 atau berada pada kategori baik dan meningkat kembali pada siklus II pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 85 dengan kategori amat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Brainstorming dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas V SD An Namiroh Pusat Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Brainstorming, Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:26
Last Modified: 18 Jan 2023 08:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65112

Actions (login required)

View Item View Item