Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDIT DARUL HIKMAH PEKANBARU

MIA RAMADANI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDIT DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIA RAMADANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mia Ramadani, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis narasi melalui penerapan model pembelajaran example non example pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 27 siswi kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran example non example dan keterampilan menulis narasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes keterampilan menulis narasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model example non example dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi. Sebelum tindakan keterampilan menulis narasi hanya mencapai 38,07 dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I keterampilan narasi mencapai 60,74 dengan kategori cukup tinggi dan pada siklus II keterampilan menulis narasi meningkat menjadi 81,92 dengan kategori tinggi. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanabru. Kata Kunci: Model Example Non Example, Keterampilan Menulis Narasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:56
Last Modified: 18 Jan 2023 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65109

Actions (login required)

View Item View Item