Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MUATAN PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DI KELAS IV SDIT TARUNA ISLAM PEKANBARU

ROID SABILI, - (2022) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MUATAN PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DI KELAS IV SDIT TARUNA ISLAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROID SABILI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Roid Sabili,(2022): Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing pada Tema 4 Subtema 1 Keseimbangan Alam dan Pelestaraian Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa di Kelas IV SDIT Taruna Islam Pekanbaru. Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kerjasama siswa melalui penerapan strategi active knowledge sharing di kelas IV SDIT Taruna Islam Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama siswa, hal ini dapat dilihat dari beberapa hal diantaranya, dari 23 siswa hanya 11 orang siswa yang terlibat aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, dari 23 siswa hanya 10 orang yang mampu menghargai pendapat dan pekerjaan teman, dan dari 23 siswa hanya 8 siswa yang memberikan masukan atau pendapat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sebagai subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa kelas IV SDIT Taruna Islam Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah strategi active knowledge sharing dan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan kerjasama siswa pada pembelajaran tema sebelum tindakan hanya 51,52% atau berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan kerjasama siswa pada siklus I meningkat menjadi 68,70% dengan kategori rendah, dan pada siklus II keterampilan kerjasama siswa menjadi 81,74% dengan kategori cukup. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi active knowledge sharing dapat meningkatkan kerjasama siswa pada tema 4 subtema 1 keseimbangan alam dan pelestaraian sumber daya alam di kelas IV SDIT Taruna Islam Pekanbaru. Kata kunci : Kerjasama Siswa, Active Knowledge Sharing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:37
Last Modified: 18 Jan 2023 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65097

Actions (login required)

View Item View Item