Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESALAHAN BAHASA DALAM PENGGUNAAN ‘AMIL NAWASIKH PADA TULISAN MAHASISWA SEMESTER 6 TAHUN AJARAN 2022 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

NURHAMIMAH, - (2022) ANALISIS KESALAHAN BAHASA DALAM PENGGUNAAN ‘AMIL NAWASIKH PADA TULISAN MAHASISWA SEMESTER 6 TAHUN AJARAN 2022 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHAMIMAH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhamimah, (2022) : Analisis Kesalahan bahasa dalam penggunaan ‘Amil nawasikh pada tulisan mahasiswa semester 6 tahun ajaran 2022 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Penelitian ini berbentuk Penelitian Kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesalahan-kesalahan Sintaksis dalam Tulisan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa semester VI (enam) Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dengan jumlah sebanyak 120 orang, karena banyaknya populasi maka peneliti hanya mengambil 25% saja. kemudian Peneliti menetapkan sampel sebanyak 30 orang. Adapun analisis kesalahan bahasa yang ditetapkan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Kana Wa Akhwatuha, Inna Wa Akhwatuha dan Zonna Wa Akhwatuha. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui Dokumen Resmi dan Wawancara. Dalam hal ini, Peneliti mengalisa kesalahan-kesalahan sintaksis yang dilakukan melalui empat tahap. Pertama, mengidentifikasi kesalahan. Kedua, mengklasifikasikan kesalahan. Ketiga, memperbaiki kesalahan. Keempat, menjelaskan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah seluruh kesalahan bahasa (sintaksis) dalam Insya’ Mahasiswa Semester VI (enam) Jurusan Pendidikan Bahasa Arab adalah sebanyak 37 kesalahan dengan rincian sebagai berikut : Kesalahan dalam penggunaan kana wakhwatuha 19 kesalahan (63,3%), kesalahan dalam penggunaan inna wa akhwatuha 18 kesalahan (60%), kesalahan. Adapun kesalahan yang paling banyak terdapat dalam tulisan-tulisan tersebut adalah pada penggunaan kana wa akhwatuha yaitu sebanyak 19 kesalahan (63,3%). Dan kesalahan yang paling sedikit terdapat pada penggunaan inna wa akhwatuha dengan jumlah 18 kesalahan (60%). Adapun faktor-faktor penyebab kesalahan dalam Insya’-insya’ Mahasiswa tersebut antara lain: 1. Lemahnya penguasaan Ilmu Qowaid 2. Kurang membaca dan mengulang kembali pelajaran Qowaid 3. Kurang membaca Kamus-kamus Arab (untuk melihat cara penulisan kata yang benar) 4. Kurang fokus ketika menulis 5. Belum terbiasa mengaplikasikan saudara-saudara kana, inna dan zhonna wa akhwatuha dalam menulis 6. Waktu yang disediakan untuk menulis kurang banyak sehingga Mahasiswa tidak bisa berfikir secara maksimal. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Tulisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2023 08:27
Last Modified: 16 Jan 2023 08:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65071

Actions (login required)

View Item View Item