Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-HIDAYAH DESA SUKAMAJU

DWI PRASETYAWATI, - (2023) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-HIDAYAH DESA SUKAMAJU. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi menghafal al-qur’an adalah adanya dorongan dalam diri ataupun luar diri seseorang yang membentuk berbagai perilaku santri untuk menambah, dan memperbaiki hafalan kitab suci Allah agar mencapai target yang baik. Motivasi menghafal memiliki dua faktor, yakni faktor instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Menghafal Al-Quran pada Santri di Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah Desa Sukamaju. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kuantitatif. Subjek Penelitian yang digunakan adalah teknik populasi, yaitu seluruh santri di Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah yang berjumlah 57 orang. Metode pengumpulan data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala motivasi yang disusun sendiri berdasarkan teori dasar Santrock (2009), dan Skala Efikasi Diri yang disusun sendiri berdasarkan teori dasar Bandura (1997). Hasil penelitian analisis uji hipotesis dengan menggunakan non-parametrik dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows diperoleh person korelasi 0, 364 ditunjukan oleh koefisien determinan (r 2 ) 0,132 yang berarti efikasi diri mempengaruhi motivasi menghafal al-qur’an sebesar 13, 2% , sementara 86,8 % dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor lain yang mempengaruhi motivasi menghafa al-qur’an yaitu, faktor interaksi teman sebaya, regulasi diri, dukungan orang tua, dan dukungan guru tahfiz. Nilai signifikan sebesar (p) 0,005 (p < 0,01) yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan Motivasi Menghafal Al-Quran pada Santri di Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah Desa Sukamaju. Maka, dengan demikian efikasi diri dapat memprediksi Motivasi Menghafal Al-Quran pada santri Kata Kunci: Efikasi Diri, Motivasi Menghafal, Santri, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:45
Last Modified: 16 Jan 2023 04:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65034

Actions (login required)

View Item View Item