Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTO KAMPAR HULU

DIAN DIANA, - (2022) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTO KAMPAR HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIAN DIANA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dian Diana, (2022): Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Komunikasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Koto Kampar Hulu Penelitian ini mengkaji tentang manajemen peserta didik dalam meningkatkan komunikasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Koto Kampar Hulu. Terdapat 2 pertanyaan penelitian yang menjadi rumusan masalah, yaitu : 1) bagaimana manajemen peserta didik dalam meningkatkan komunikasi belajar siswa. 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen peserta didik dalam meningkatkan komunikasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah sebagai informan utama, dan pihak yang terlibat seperti guru, waka kesiswaan, dan kepala tata usaha sebagai informan tambahan. Secara keseluruhan jumlah informan yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah, manajemen peserta didik dalam meningkatkan komunikasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Koto Kampar. Data penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui teknik analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari data di lapangan menunjukkan bahwa : 1) Manajemen peserta didik dalam meningkatkan komunikasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Koto Kampar Hulu merupakan pengaturan dan layananan yang dilakukan sejak awal peserta didik masuk sampai pada kelulusan, dalam meningkatkan komunikasi antara satu dan yang lain. Dalam hal ini, pihak sekolah melaksanakan beberapa lingkup kegiatan peserta didik yang dikelola oleh sekolah guna membangun interaksi dan hubungan baik antar sesama. Terjalin melalui komunikasi diluar kelas, terlihat dari peraturan, pelayanan, maupun pembinaan yang telah dilakukan. Selain itu, saat proses pembelajaran guru harus menyampaikan materi pembelajaran secara jelas,memahami keadaan dan situasi siswa, dan menyampaikan materi sesuai karakter anak. 2) Faktor pendukung manajemen peserta didik dalam meningkatkan komunikasi peserta didik di SMA Negeri 1 Koto Kampar Hulu adalah memberikan manajemen terbaik dengan memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan peserta didik, adanya guru berkompeten dalam melakukan pembelajaran dalam kelas, didukung oleh media pembelajaran yang menarik, serta semangat peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung dalam kelas sehingga komunikasi terjalin mendapatkan feedback yang baik. Hal ini, tergambar melalui beberapa elemen yang terdiri dari: peran guru, peran peserta didik, pesan, umpan balik, dan kegiatan ekstrakulikuler. Adapun faktor penghambat adalah xi pada masa Covid-19, hambatan dari segi jaringan, kuota internet, tidak memiliki android, dan masalah lawan jenis menganggu interaksi dan konsentrasi belajar. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Komunikasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:12
Last Modified: 16 Jan 2023 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65029

Actions (login required)

View Item View Item