DWI LESTARI, - (2022) ANALISIS KESALAHAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN PADA KARANGAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 TAPUNG. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIAN(BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
DWI LESTARI (2022) : ANALISIS KESALAHAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN PADA KARANGAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 TAPUNG Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan yang disempurnakan dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan ejaan yang disempurnakan pada karangan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tapung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2022 di kelas VII SMP Negeri 8 Tapung dengan sampel penelitian berjumlah 69 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, teknik tes tertulis, dan angket (kuesioner). Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan dua teknik yaitu teknik analisis data kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data mengenai kesalahan ejaan pada karangan teks deskripsi siswa dan teknik analisis data deskriptif persentase yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesalahan ejaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan ejaan pada karangan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tapung dengan rincian yaitu (1) kesalahan pemakaian huruf kapital berjumlah 106 kesalahan, (2) kesalahan penulisan kata depan berjumlah 36 kesalahan, (3) kesalahan penulisan kata ganti berjumlah 29 kesalahan, dan (4) kesalahan penulisan partikel berjumlah 1 kesalahan. Selanjutnya, yang berkenaan dengan faktor- faktor penyebab terjadinya kesalahan ejaan, dapat dilihat bahwa faktor-faktor penyebab tertinggi kesalahan ejaan pada karangan teks deskripsi yang dilakukan oleh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tapung yaitu karena kekurangpahaman pemakai bahasa terhadap bahasa yang dipakainya memperoleh persentase sebesar 72,17%. Kata Kunci: Kesalahan Ejaan, Menulis, Teks Deskripsi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 08:01 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 08:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64974 |
Actions (login required)
View Item |