PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH TRIGONOMETRI

Risnawati, (2011) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH TRIGONOMETRI. Beta : Jurnal Pendidikan Matematika, IV (2). pp. 38-46. ISSN 2085 - 5893

[img]
Preview
Text
Risnawati - Beta Vol IV No.2 hal 38-46.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berfikir kritis dan Self-Efficacy merupakan salah satu masalah utama mahasiswa di pendidikan matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan self- efficacy. Salah satu metode pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan self-efficacy mahamahasiswa adalah pendekatan Realistic Mathematic Education dengan Mind Mapping. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah apakah terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis dan Self-Efficacy mahasiswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan Mind Mapping dengan mahasiswa yang memperoleh pendekatan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Randomized Control-Group Posttest Only Design. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai April 2012 dengan subjek penelitian 92 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan berfikir kritis dan skala psikologik self-efficacy model skala likert. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif dan self-efficacy antara mahasiswa yang memperoleh pendekatan RME dengan Mind Mapping dengan mahasiswa yang memperoleh pendekatan konvensional. Berdasarkan temuan penelitian, maka penerapan pendekatan RME dengan Mind Mapping dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kemapuan berfikir kritis dan self-efficacy. Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education, Mind Mapping, Kemampuan berfikir kritis, Self-Efficacy

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Aug 2016 07:02
Last Modified: 24 Aug 2016 07:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6462

Actions (login required)

View Item View Item