Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTATION OF FORMATIVE ASSESSMENT BY ENGLISH TEACHERS DURING COVID-19 PANDEMIC: A CASE STUDY AT SMK NEGERI 1 TAMBUSAI

SITI AMALIAH, - (2022) IMPLEMENTATION OF FORMATIVE ASSESSMENT BY ENGLISH TEACHERS DURING COVID-19 PANDEMIC: A CASE STUDY AT SMK NEGERI 1 TAMBUSAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
THESIS SITI AMALIAH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Amaliah (2022) : Implementasi Penilaian Formatif oleh Guru Bahasa Inggris di Masa Pandemi COVID-19: Studi kasus di SMK Negeri 1 Tambusai Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik guru bahasa Inggris dalam melaksanakan penilaian formatif online dan offline selama pandemi COVID-19 di SMK Negeri 1 Tambusai. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Tambusai. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis data Miles dan Huberman, yang memiliki tiga langkah: (1) kondensasi data atau reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Tambusai menerapkan penilaian formatif online dan offline selama pandemi COVID-19. Temuan penelitian ini, guru bahasa Inggris menggunakan Google classroom dan Google form untuk penilaian formatif online. Sementara itu, guru bahasa Inggris menggunakan kuis, tanya jawab dan diskusi kelompok, tugas jawaban singkat, mendengarkan cloze, bermain peran, membaca keras, pemetaan pikiran dan menulis dialog sebagai penilaian formatif offline. Selain itu, guru bahasa Inggris menghadapi beberapa kendala dalam melaksanakan penilaian formatif online dan offline, yaitu kurangnya sumber daya manusia, jaringan internet, daerah rumah siswa tidak memiliki jaringan, bahkan ada yang tidak memiliki ponsel, tidak semua siswa aktif dan mereka kurang termotivasi. Namun guru menemukan solusi untuk mengatasi semua kendala tersebut dengan menyediakan wifi di ruangan tertentu, merekomendasikan kepada siswa untuk dapat menggunakan handphone orang tua atau temannya dan mendekati siswa yang kurang berminat untuk belajar. Dapat disimpulkan bahwa guru bahasa Inggris hanya menggunakan Google classroom dan Google form untuk penilaian formatif online dan menggunakan kuis, tanya jawab dan diskusi kelompok dalam penilaian formatif offline.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:47
Last Modified: 21 Dec 2022 04:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64608

Actions (login required)

View Item View Item