Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Peran Orang Tua dengan Minat Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Kota Pekanbaru

Legis Yuhendra, - (2022) Hubungan Peran Orang Tua dengan Minat Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Legis Yuhendra, (2022) : Hubungan Peran Orang Tua dengan Minat Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua dalam mengembangkan minat belajar anak pada masa pandemi Study Kasus MI Miftahuddin Kota Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak kelas II tahun 2020/2021. Sedangkan objeknya adalah peran orang tua terhadap minat belajar anak pada masa pandemi. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang berjumlah 32 orang. Pengambilan sampel adalah metode total sampling dengan mengambil secara keseluruhan jumlah populasi yaitu sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantiatif dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan minat belajar anak dimasa pandemi Covid 19 di MI Miftahuddin Kota Pekanbaru yaitu 85,16% berada pada kriteria sangat baik. Peran orang yang dalam mengembangkan minat belajar anak tersebut terbukti dari temuan yang menunjukkan minat belajar anak di masa pandemi COVID 19 yaitu 62,12% berada pada kriteria baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan minat belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Kota Pekanbaru yang terbukti dari nilai r hitung > r Tabel baik pada taraf signifikan % maupun 1% 0,349<0,657>0,449) yang berartti bahwa semakin baik peran orang tua maka akan semakin tinggi minat belajar anak di masa pandemi Covid 19. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Minat Belajar Anak, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Dec 2022 07:48
Last Modified: 15 Dec 2022 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64533

Actions (login required)

View Item View Item