Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Guided Note Taking untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Petodaan Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan.

Khairul Saleh, - (2022) Penerapan Strategi Guided Note Taking untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Petodaan Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khairul Saleh, (2022): Penerapan Strategi Guided Note Taking untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Petodaan Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan siswa di kelas V sekolah dasar Negeri 002 Petodaan melalui strategi guided note taking. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi diantaranya siswa kurang mampu menyesuaikan isi dengan judul karangan, siswa kurang mampu menentukan tata bahasa yang bagus,dan siswa kurang mampu memilih ejaan dan tanda baca yang tepat penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi guided note taking dan keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kulaitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil dan analisis data penelitian bahwa penerapan strategi pembelajaran guided note taking dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Hal ini dapat diketahui dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam menulis karangan narasi hanya mencapai 55 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui strategi guided note taking pada siklus I nilai rata- rata siswa dalam menulis karangan narasi meningkat menjadi 78 atau tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata menulis karangan narasi siswa meningkat menjadi 89 atau tergolong baik. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran guided note taking dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dikelas V SDN 002 Petodaan, Kecamatan teluk meranti, Kabupaten Pelalawan. Kata kunci: Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Strategi Pembelajaran Guided Note Taking

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:19
Last Modified: 15 Dec 2022 01:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64532

Actions (login required)

View Item View Item