Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 031 Tarai Bangun

Zulpan, - (2022) Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 031 Tarai Bangun. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Zulpan, (2022): Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 031 Tarai Bangun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran tematik muatan Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 031 Tarai Bangun. Kepercayaan diri merupakan salah satu indikator Kompetensi Inti aspek sosial (KI-2) yang harus dikembangkan pada Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 20 siswa, dan objeknya adalah metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer dan kepercayaan diri. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan dengan mengunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa penerapan metode Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum dilakukan tindakan perbaikan persentase kepercayaan diri siswa hanya 56,25% atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer dilakukan, pada siklus I pertemuan pertama persentasenya naik menjadi 64,68%, dan pada pertemuan kedua naik lagi menjadi 68,75%. Kemudian pada siklus II pertemuan ketiga kepercayaan diri siswa juga meningkat menjadi 76,87% dan pada pertemuan keempat persentasenya mencapai 83,12% atau berada pada kategori (Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran tematik muatan pendidikan kewarganegaraan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 031 Tarai Bangun. Kata kunci: Kepercayaan Diri, Metode Giving Question and Getting Answer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:11
Last Modified: 15 Dec 2022 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64531

Actions (login required)

View Item View Item