IIS SURYANI, - (2022) Hubungan Kebahagiaan dengan Kecemasan pada Mahasiswa Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (HASIL PENELITIAN)
HASIIL PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
||
|
Text
IIS SURYANI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pandemi Covid-19 membawa perubahan besar di kalangan masyarakat termasuk mahasiswa. Pandemi Covid-19 memaksa mahasiswa untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan situasi baru. Perubahan metode pembelajaran yang awalnya dilaksanakan secara langsung berubah menjadi perkuliahan daring yang sedikit banyaknya menimbulkan pemasalahan sehingga berpotensi menciptakan kecemasan. Jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang, maka kecemasan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan adalah kebahagiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebahagiaan dengan kecemasan pada mahasiswa. Subjek mahasiswa Universitas UIN Suska Riau sebanyak 391 dengan teknik insidental. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala kebahagiaan dan skala kecemasan. Analisis product moment menunjukkan nilai r = -0,211 dan nilai p= 0,000 (p<0,01). Artinya hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kebahagiaan dengan kecemasan pada mahasiswa dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dengan demikian, semakin tinggi kebahagiaan yang dirasakan oleh mahasiswa UIN Suska Riau maka akan semakin rendah kecemasan yang dirasakan dan begitu juga sebaliknya. Ketika mahasiswa merasa bahagia selama pandemi Covid-19, maka akan terhindar dari afek-afek negatif seperti kegelisahan dan kecemasan. Kata kunci : kebahagiaan, kecemasan, mahasiswa, pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 02:52 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 02:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64376 |
Actions (login required)
View Item |