Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH FADHILAH PEKANBARU

NURWASILAH SIREGAR, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Nurwasilah Siregar (2022) : Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran pada mata pelajaran Fikih dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom di Madrasah Fadhilah Pekanbaru, dan pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Nonequavalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 332 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 64 orang, terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol, dengan menggunakan teknik pengambilan Cluster Sampling, melalui pertimbangan nilai rata-rata yang sama atau nilai yang hampir mendekati sama. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik T-test (Independent Samples Test). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Flipped Classroom yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Fadhilah Pekanbaru dikategorikan sangat baik, dibuktikan dengan rata-rata persentasi aktivitas guru dan siswa sebesar 91%, artinya pelaksanaan eksperimen dapat terjaga untuk dilakukan sesuai prosedur pembelajaran Flipped Classroom. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Fadhilah Pekanbaru, dibuktikan dengan perbedaan mean skor pada kelas eksperimen 71,06 kontrol 67,13, dan perolehan hasil sebesar 2,207, lebih besar dari 1,999, (2,207 > 1,999) dengan signifikansi 0,03 < 0,05 maka Ha diterima Ho ditolak. Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:14
Last Modified: 23 Nov 2022 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64312

Actions (login required)

View Item View Item