Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KIAMBANG (Salvinia molesta) FERMENTASI DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM BROILER

AGUNG DWI SUBEKTI, - (2022) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KIAMBANG (Salvinia molesta) FERMENTASI DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM BROILER. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

Kiambang (Salvinia molesta) merupakan gulma air yang mengapung di permukaan air persawahan, rawa, kolam, sungai, selokan dan danau. Kiambang dapat dimanfaatkan sebagai pakan alternatif Ayam Broiler. Kiambang mengandung serat kasar yang tinggi, sehingga pengolahan secara fermentasi dilakukan untuk menurunkan serat kasar dan meningkatkan kualitas kiambang. Kiambang yang diolah menjadi tepung dan telah difermentasi mengandung protein kasar 9,05%, lemak kasar 0,22%, serat kasar 21,07%, energi metabolisme 3097,40 kkal/kg, kalsium 2,2%, dan fosfor 0,295%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung kiambang fermentasi dalam ransum terhadap bobot akhir, bobot karkas, persentase karkas, bobot lemak abdominal, dan persentase lemak abdominal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan berupa penambahan tepung kiambang (Salvinia molesta) fermentasi dalam ransum basal level 0%, 3%, 6%, 9%, dan 12%. Parameter yang diukur adalah bobot badan akhir, bobot karkas, persentase karkas, bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal. Hasil penelitian menunjukkan penambahan tepung kiambang (Salvinia molesta) fermentasi sampai level 12% dalam ransum tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot badan akhir, bobot karkas, persentase karkas, bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal. Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan tepung kiambang (Salvinia molesta) fermentasi sampai level 12% dalam ransum dapat mempertahankan bobot badan akhir, bobot karkas, persentase karkas, tetapi tidak dapat menurunkan bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal. Kata kunci: bobot badan akhir, broiler, fermentasi, karkas, kiambang, lemak abdominal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:02
Last Modified: 18 Nov 2022 01:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64256

Actions (login required)

View Item View Item