Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISMKN PERTANIAN TERPADU PROVINSI RIAU

ULFA MAULIDA, - (2022) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISMKN PERTANIAN TERPADU PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ulfa Maulida, (2022) : Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilaksanakan di SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Subjek penelitian yaitu satu orang guru Pendidikan Agama Islam serta 56 siswa dengan rincian 28 siswa pada kelas eksperimen dan 28 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, instrumen angket dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik t-test (Independent Samples Test). Hasil penelitian diperoleh signifikan nilai thitung = 2,264 lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signfikan 1% (2,04 < 2,264 > 0,68), maka terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Hasil mean kelas eksperimen 65,57 lebih tinggi dibandingkan mean kelas kontrol 59,92. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Keterampilan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:31
Last Modified: 04 Nov 2022 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64137

Actions (login required)

View Item View Item