Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Poster Comment untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teluk Merbau

Putri Agusti, - (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Poster Comment untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teluk Merbau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri Agusti, (2022): Penerapan Metode Pembelajaran Poster Comment untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teluk Merbau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif siswa pada muatan pelajaran Tematik malalui metode pembelajaran Poster Comment di Kelas V Sekolah Dasar 001 Teluk Merbau. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa diantaranya rendahnya kemampuan siswa menghasilkan banyaknya jawaban dan rendahnya kemampuan siswa memperluas jawaban atau gagasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Poster Comment dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil peneltian dan analisa data bahwa penerapan Metode pembelajaran Poster Comment terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa hanya mencapai 40% dengan kategori “kurang” berada pada rentang 30-49. setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat menjadi 50% dengan kategori “Cukup” berada pada rentang 50-69. dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 80% dengan kategori “Baik” berada pada rentang 70-89. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan Berpikir Kreatif siswa pada mata pelajaran Tematik di kelas V meningkat melalui metode Poster Comment. Kata Kunci: Metode Poster Comment Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:42
Last Modified: 02 Nov 2022 05:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64125

Actions (login required)

View Item View Item