Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Buku Ajar Tematik Siswa Kelas I SD/MI Tema “5 Pengalamanku” Berdasarkan Permendikbud Nomor 008 Tahun 2016 Sesuai dengan Konsep Kurikulum 2013

REZY INDAH SAFITRI, - (2022) Analisis Buku Ajar Tematik Siswa Kelas I SD/MI Tema “5 Pengalamanku” Berdasarkan Permendikbud Nomor 008 Tahun 2016 Sesuai dengan Konsep Kurikulum 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rezy Indah Safitri, (2022): Analisis Buku Ajar Tematik Siswa Kelas I SD/MI Tema “5 Pengalamanku” Berdasarkan Permendikbud Nomor 008 Tahun 2016 Sesuai dengan Konsep Kurikulum 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kesesuaian buku ajar tematik siswa kelas I SD/MI tema 5 pengalamaku menurut Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013 yang membawa perubahan pada sistem pendidikan, termasuk dalam tingkat pendidikan dasar. Oleh karena itu, proses pembelajaran dan perangkat pendukung mengalami perubahan, termasuk buku ajar siswa yang tidak sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian library research yaitu penelitian yang dilakukan di ruang perpustakaan untuk menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan, baik berupa buku-buku, dokumen-dokumen dan materi perpustakaan lainnya, yang dapat dijadikan sumber rujukan untuk menyusun laporan ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah buku tematik siswa SD/MI kelas I tema 5 pengalamanku. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buku ajar tematik siswa kelas I SD/MI tema 5 pengalamaku yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan secara keseluruhan sudah sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, bagian isi buku yang meliputi aspek materi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan buku sudah memenuhi Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016, namun masih perlu adanya ketelitian dalam penggunaan kalimat disesuaikan dengan perkembangan peserta didik serta kegrafikan buku perlu diperbaiki seperti punggung buku yang kurang harmonis. Kata Kunci: Buku Ajar Tematik, Tema Pengalamanku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:29
Last Modified: 26 Oct 2022 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64073

Actions (login required)

View Item View Item